Simulasi Bencana Siswa Kelas 1 dan 2 SD DEK

11902468_913971652009362_1400013750304377853_n

Masih dalam bentuk antisipasi dan ketanggapan terhadap bencana gempa dan tsunami Kogami bersama SD DEK melanjutkan rangkaian kegiatan tanggap bencana. Jika sebelumnya telah diadakan sosialisasi terhadap orangtua siswa dan simulasi bersama siswa kelas pagi, maka beberapa hari yang lalu tibalah giliran siswa siswa kelas 1 dan 2 untuk mengikuti simulasi.
Tidak memakan waktu yang begitu lama bagi siswa siswi ini memahami apa iti bencana dan seberapa penting tanggap cepat untuk melindungi diri saat bencana terjadi. Bahkan saat ditanya, siswa kelas 1 dan kelas 2, mampu menjawab apa itu bencana dan memberikan contoh bencana secara bervariasi.
Setelah cukup dengan materi dan teori, siswa siswi inipun diajak untuk melakukan kegiatan simulasi. Mulai dari bel berbunyi panjang, bersembunyi di bawah meja, berlari ke lapangan, melewati tanggal darurat, hingga berkumpul di lapangan dan membentuk lingkaran sambil menghitung jumlah teman….

Cukup menguras keringat, dan setelah mencoba sebanyak 2x, siswa siswi ini akhirnya mampu melakukan simulasi dengan waktu yang relatif singkat.
Agenda berikutnya, kogami dan SD DEK akan melakukan simulasi menuju lokasi evakuasi. Tunggu ceritanya ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *