Sejarah Singkat DEK

SEJARAH SINGKAT

1996

Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) didirikan di Padang dengan Akte Notaris Leurentia Siti Nyoman tertanggal 6 Maret 1996.Pada tahun pertama ini dibukalah taman kanak-kanak dan plygroup dengan murid berjumlah 73 orang dan kampusnya berlokasi di jalan Thamrin No.22-25

1997

Merupakan tahun kedua dimana dibuka Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah murid sebanyak 13 orang dan taman kanak-kanak serta plygroup  mencapai 76 orang .Total jumlah Murid DEK tahun ini 89 orang.

1998

Merupakan tahun terjadinya krisis moneter yang menimpa di negara kita ,yang mana berdampak negatif terhadap keuangan Yayasan.Wlaupun demikian jumlah murid meningkat mencapai 128 orang.

1999

Pengruh krisis tahun 1998 tetap terasa dengan dibekukannya Bank Umum Servitia,maka Yayasan tidak membayar bunga.Jumlah murid mencapai 176 orang.

2000

Merupakan tahun kilas balik bagi DEK dengan adanya kebijaksanaan dari BPPN untuk potongan utang,maka Yayasan DEK melakukan restrukturisasi pinjaman dengan masuknya pendiri baru,yaitu Ibu Lenny Abidin Aubry dan Hutang Pada Bank Umum Srvitia dilunasi.Pada tahun ini diadakan gelar kesenian di Hotel Bumi Minang.

2001

Sekolah DEK pindah ke jln A.Yani no.49 Padang,dengan kontrak selama 8 tahun.Masuknya pendiri baru yaitu,Bapak Yan Bahar seorang pengusaha Padang sebagai penyandang dana.Pada tahun ini sekolah DEK mendapat kunjungan dari Ms.Dianne Greenway,Deputy Principal Gibbs Street Primary School-Austrlia dalam rangka studi tentang sekolah yang telah menerapkan komputer sebagai pelajaran intrkulikuler,saat itu DEK merupakan satu-satunya Sekolah dasar di Padang yang telah melaksanakan hal ini.Kunjungan ini juga menjadi tonggak bagi hubungan kerjasama DEK dan Gibbs Street selanjutnya.

2002

Diadakan kerja sama dengan gibbs street primary school ,dimana murid-murid kelas 4 ,5dan 6 SD saling mengirim e-mail dengan murid2 Australia melalui Pen Pall programme DEK-Gibbs.

2003

Dibuka SMP debagai kelanjutan jenjang pendidikan yang dikelola Yayasan DEK.Hubungan kerja sama DEK-Gibbs street dilanjutkan September 2003 dengan kunjungan dari Australia untuk mengadakan pelatihan guru TK dan SD DEK selama 1 minggu.DEK dapat penyandang dana dan sekaligus menjadi pendiri yaitu Bpk. Adryanto Martana B.(Alm),Chris Harijanto,Agus Susanto dan Edi Widyanto W.

2004

Januari 2004 DEK mengontrak bangunan di Jl.K.I.S. Mangunsarkoro selama 4 tahun untuk PG & TK.

2005

Yayasan DEK melakukan 2 perubahan yakni dengan membuka PD & TK cabang Pondok berlokasi di Jl. Bandar P.Karam NO.17 dengan tujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Wilayah sekitar Pondok.Jumlah murid dicabang baru ini TK 33 orang dan PG 21 orang.

 Selain itu ,juga pada awal tahun ajaran 2005/2006 DEK dibukalah Sekolah Menengah Kejuruan Business School Khusus rumpun bisnis manajemen dengan fokus jurusan Akuntansi dan jumlah siswa pada tahun angkatan I ini adalah sebanyak 30 orang.

2006

Perencanaan kedepan juga dititik beratkan bagi kesinambungan nilai  tambah yang dimiliki Yayasan DEK bagi seluruh sekolah-sekolah di lingkup Yayasan.Bila saat ini yang telah banyak mengukir prestasi adalah SD DEK,maka diusahakan agar sekolah yang lain seperti PG danTK,SMP serta SMK agar mampu meraih prestasi dan menjadi sekolah pilihan bagi siswa-siwa lulusan dari DEK maupun dari sekolah lain.Yayasan juga berusaha memperhatikan kesejahtraan karyawan dengan merencanakan Program Dana Pensiun.

 Untuk kesejahtraan dan keselamatan karyawan,DEK mengadakan program Jamsostek bagi karyawan tetapnya mulai bulan Maret 2006.

2007

26 Oktober – 04 November 2007 SD DEK melakukan kunjungan ke Gibbs Street Primary School,Australia,diikuti oleh 12 orang SD DEK kelas 5 & 6yang telah lolos seleksidan 3 orang staff DEK.Selama di Perth,peserta tinggal di rumah orang tua angkat masing-masing yang telah ditunjuk oleh pihak Gibbs Streer.Rombongan DEK juga diundang berkunjung ke Konsulat Jendral RI disana.Dalam kunjungan tersebut,sisw-siswa SD DEK menampilkan tarian tradisional yakni tari piring.Selama di Australia ,juga dilakukan kunjungan ke museum & kebun binatang nasional.Di hari terakhir,siswa SD DEK tampil di aula Gibbs Street dengan membawakan tari Piring,Tari Sapu Tangan,Roleplay,Koor Bareh Solok ,Mars DEK dan lagu Auld Lang Syne.

2008

19 Januari 2008,Murid-murid SMK DEK mengikuti ujian produktif akuntansi yang diuji oleh lembaga Sertifikasi Profesi.

  Di bulan Pebruari lahirlah KOKARDEK(Koperasi  Karyawan DEK)anggota koperasi ini tidak dibatasi oleh kalangan DEK saja.

   4 Pebruari s/d 5 April 2008,siswa-siswi kelas II SMK mengikuti praktek kerja lapanganm pada perusahaan perdagangan  dan Jasa di Batam,Pekanbaru dan Padang.

2009

23 Mei 2009,DEK mengadakan Seminar peningkatan Mutu Guru dengan pembicara Wijaya Kusumah S.Pd,dan M.Sujai Anhar S.Ag. Bertempat di gedung RRI Padang.

      Terjadi gempa di kota Padang pada tanggal 30 September sangat berpengaruh pada siswa belajar mengajar di sekolah DEK,disebabkan karena terjadi kerusakan yang memerlukan renovasi segera di SD/ Yayasan DEK Ahmad Yani,siswa SD dipindah ke A.R.Hakim.Kerusakan pada struktur bangunan di PG/TK Pondok menyebabkan siswa PG/TK dibangun ke KIS Mangunsarkoro.Kunjingan DEK ke Australia dengan terpaksa dibatalkan.

2010

Tahun ini merupakan tahun kebangkitan DEK,karena setelah mengalami penurunan jumlah murid terendah selama 5 tahun terakhir akibat gempa .Maka tahun 2010 jumlah murid DEK mulai meningkat.

2011

Seluruh keluarga besar DEK turut berduka cita atas meninggalnya istri dari Bapak Gafar Salim.Ibu Ermita Tanudjaja meruapakan Ketua Badan Pembina Yayasan periode 2010,beliau meningggal dunia pada hari jum’at tanggal 11 Maret 2011.

    Pada tahun ini Yayasan pendidikan DEDIKASI EDUKASI KUALIVA genap berusia 15 tahun.Kegiatan perlombaan menyambut HUT DEKyang terlaksana karena DEK masih berkabung adalah OLIMPIADE AKUNTANSI & PAJAK se-Sumbar Riau dan Jambi diikuti oleh para pelajar SMK dandiadakan pada bulan Januari.Juara 1 diraih oleh SMK DEK Business School.

    Pada puncaknya tanggal 1 Juni digelar perayaan HUT DEK sekaligus perpisahan siswa di halaman Gedung RRI Padang.