Minggu, 02-10-2022
  • Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Ranah Parak Rumbio, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Ngabuburit Season 3 Yayasan DEK Padang, Seru Banget…

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Yayasan DEK

Yayasan DEK – Padang – Hallo semua, bagaimana nih puasa hari ini? Semoga lancar dan bisa menambah pahala yah. Aminnnnn :). 

Nah pada kesempatan kali ini, yayasan DEK  mengadakan program ngabuburit. Apa itu ngabuburit? Ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Pada kesempatan ini, materi tentang Teknologi Revolusi 4.0 disampaikan langsung oleh perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yaitu bapak Mairul, kemudian pembukaan oleh Teacher Sri Handayati, dan Sepatah Kata dari ketua Yayasan yakni Prawira Salim serta tak lupa tentunya dimeriahkan oleh perwakilan siswa-siswi dari Yayasan DEK yaitu Andre Kusuma dan Rhuping.

Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman dan berkomunikasi membahas hal unik dan menarik.

Nah, atas dasar hal itu Yayasan DEK mengadakan acara ngabuburit Season ke-3. Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Sehingga meramaikan suasana ramadhan menjelang berbuka puasa. 

Banyak hal menarik dan untuk untuk di bahas. Salah satunya perkembangan ilmu Teknologi Era Revolusi 4.0. Perkembangan teknologi ini banyak memberikan manfaat positif bagi semua orang. Khususnya pada dunia pendidikan. Misalnya saja, siswa tidak perlu lagi membawa buku terlalu banyak ke sekolah. Karena buku digital sudah diisediakan.

Namun dibalik dampak positif tersebut, ternyata ada loh dampak negatifnya. Salah satunya kecanduan dalam bermain game online. 

Pada kesempatan yang sama, Rhuping menanyakan Sikap kita dalam perkembangan teknologi saat ini?

Pemateri menyampaikan, “Terkait perkembangan teknologi, kita tidak bisa mentup mata dan menghindarinya. Kita harus cakap dalam merespon setiap perkembangan teknologi” Ujar Bapak Mairul.

Selain itu, teacher Julio selaku guru Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memberikan pandangan terhadap pemahaman siswa dalam menggunakan teknologi saat ini. Mulai dari sisi positif hingga sisi negatif. Termasuk benefit yang akan diterima baik itu pada lingkungan sekolah, keluarga, teman, sahabat, bahkan berguna untuk Nusa dan Bangsa Indonesia.

Diharapkan siswa dapat mengikuti acara ini dengan baik hingga selesai. Karena selain menunggu berbuka, siswa juga akan mendapatkan banyak sekali ilmu, pengalaman, dan tentunya dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi saat sekarang ini.

Penulis: Julio Fernando Sibarani, S.T

QUOTES

People who are really serious about software should make their own hardware. - Alan Kay

Info Sekolah

Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK)

NSPN : 10304785
Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Ranah Parak Rumbio, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat
TELEPON (0751) 8955242
EMAIL yayasan@dek.sch.id