Sabtu, 13-08-2022
  • Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Ranah Parak Rumbio, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Pelatihan Akhir Workshop PjBL Bersama Bu Maria

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Yayasan DEK

Yayasan DEK Padang – Sabtu, 26 Maret 2022 merupakan hari terakhir dari sesi Workshop Project Based Learning (PjBL) yang diadakan di Yayasan DEK Padang. Kegiatan ini sudah diadakan selama 3 hari mulai dari hari Kamis, 24 Maret 2022 hingga Sabtu, 26 Maret 2022.

Terlihat bahwa guru sangat berantusias dalam mengikuti pelatihan Project Based Learning (PjBL) ini. Pada hari terakhir pelatihan, guru diberi tugas dalam membuat perancangan model pembelajaran berbasis “PjBL”. Model pembelajaran ini tentunya harus mengikuti aturan dari PBL itu sendiri.

Adapun susunan karakteristik dalam menyusun Project Based Learning (PjBL) adalah

  1. Jelas
  2. Menarik
  3. Terbuka
  4. Menantang
  5. Sesuai Topik

Bagaimana memulai dan membuat Driving Questions?

  1. Farming Words (How….Why…..What + …..)
  2. Person/Entity (I or We)
  3. Action/Challange (Build….Create…..Make)
  4. Audience/Purpose (Real-World Problem)

Dalam membuat suatu dokumen kerja, pemateri juga menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan agar rancangan pekerjaan dapat terstruktur mengikuti program merdeka belajar. Beberapa susunan dalam merancang dokumen guru adalah:

  1. Judul Proyek dan Mata Pelajaran. Dalam membuat dokumen guru, terlebih dahulu tentukan judul proyek dan mata pelajaran yang diampu. Judul di buat berdasarkan proyek apa yang akan dilakukan oleh guru.
  2. Penjelasan Topik dan Capaian Pembelajaran. Dalam membuat dokumen, guru harus menentukan topik apa yang akan di bahas berdasarkan judul yang telah di buat. Selanjutnya tentukan kompetensi dasar atau capaian pembelajaran untuk setiap proyek yang dibuat.
  3. Deskripsi Permasalahan dan Driving Question. Dalam membuat suatu project, guru menentukan permasalahan apa yang akan menjadi suatu tantangan dalam menjalankan tugas. Setiap permasalahan yang dibuat tentu akan berkaitan dengan Driving Question itu sendiri. Driving Question dibuat dengan memperhatikan poin diatas.
  4. Durasi, Penjadwalan, dan Rencana Penilaian. Setelah ditentukan Driving Question dari topik permasahan, guru menentukan waktu pelaksanaan. Waktu pelaksanaan dilakukan saat jam pelajaran. Sedangkan pada rencana penilaian dilakukan secara kognitif oleh para guru berdasarkan hasil belajar, serta proses.
  5. Pengetahuan dan Keterampilan. Pada bagian ini, guru memberikan pengetahuan atau kosep kepada siswa dalam mengerjakan proyek. Pengetahuan ini bisa bersumber dari modul, buku maupun hasil penelitian atau riset yang telah ada. Guru diperbolehkan melihat referensi sumber dari internet, namun tetap mempertahankan kreativitas. Selanjutnya keterampilan tambahan yang diperlukan untuk melihat bagaimana siswa berkreatif dalam merancang dan membuat proyek.
  6. Pemantauan Proses dan Umpan Balik. Guru wajib mengawasi para peserta didik dalam merancang semua proyek. Proses ini mulai dari awal hingga akhir. Setiap permasalahan akan dicatat dan dilakukan riset untuk pemecahan masalah. Lalu guru harus mempertimbangkan kritik dan saran dari siswa maupun para ahli dari luar.

Pada kesempatan akhir workshop ini, para guru diberikan tugas oleh bu Maria dalam membuat Dokumen Proyek. Tugas ini disesuaikan dengan mata pelajaran masing-masing guru. Setelah workshop ini selesai dilakukan, diharapkan semua guru sudah siap dalam menerapkan Project Based Learning (PjBL) dan bisa membuat dokumen perencanaan guru.

Penulis: Julio Fernando Sibarani, S.T

QUOTES

People who are really serious about software should make their own hardware. - Alan Kay

Info Sekolah

Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK)

NSPN : 10304785
Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Ranah Parak Rumbio, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat
TELEPON (0751) 8955242
EMAIL yayasan@dek.sch.id