Sabtu, 21-05-2022
  • Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Ranah Parak Rumbio, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Remaja, Literasi, dan Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Remaja dan Pendidikan Karakter

Berbicara tentang remaja, tentunya kita membahas tentang seseorang yang berusia menjelang dewasa, atau usia pelajar setingkat SMP dan SMA. Pada usia tersebut, remaja memiliki potensi untuk mengembangkan diri dari berbagai aspek. Perubahan dari masa anak-anak menjadi remaja dan menuju pendewasaan menyebabkan usia remaja sangat rentan terhadap berbagai persoalan. Mulai dari persoalan keluarga, pendidikan, pergaulan, pengendalian diri, pengembangan diri yang semuanya tentu saja sangat berkaitan masalah fisik maupun psikis. Lalu, apa kaitannya dengan pendidikan karakter?

Pendidikan karakter adalah salah satu pendekatan ideal yang memiliki peran penting dalam pengembangan dan pengendalian diri remaja. Pendidikan karakter saat ini mutlak diperoleh anak, remaja, dan dewasa, baik formal maupun nonformal. Mengapa harus remaja? Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa usia remaja ialah usia peralihan dari anak menuju dewasa. Kondisi global saat ini akan sangat memengaruhi karakter remaja dalam menentukan arah dan langkah mereka mereka. Pendidikan karakter akan sangat berguna dalam membentuk remaja menjadi seorang dewasa yang sukses dalam segala aspek, baik dalam hubungan sosial di keluarga, masyarakat, agama, maupun dalam bidang akademis.

Apa saja nilai pendidikan karakter yang sesuai bagi remaja? Pada setiap unsur dan materi dalam pendidikan karakter selalu terdapat berbagai nilai karakter bangsa, seperti nilai religius, pendidikan, nilai moral, nilai sosial, nilai kemanusiaan, semangat, persahabatan, gemar membaca, menghargai prestasi, peduli sosial dan lingkungan, dan masih banyak nilai positif lainnya. Semua nilai tersebutlah yang diharapkan dapat membentuk remaja menjadi manusia yang unggul. Remaja yang unggul adalah remaja yang memiliki karakter yang kuat, sehat secara fisik dan emosional, stabil, intelektualnya berkembang, dan berprestasi. Kalian tentu ingin menjadi remaja yang unggul kan?

Sumber: Kemendikbud

QUOTES

People who are really serious about software should make their own hardware. - Alan Kay

Info Sekolah

Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK)

NSPN : 10304785
Jl. Arif Rahman Hakim No.63, Ranah Parak Rumbio, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat
TELEPON (0751) 8955242
EMAIL yayasan@dek.sch.id