Murid DEK Padang Homestay ke Perth

Padang, Padek—Sebanyak 21 murid dan staf Yayasan Pendidikan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Padang berangkat menuju Perth, Australia, hari ini (4/11). Mereka akan mengikuti Homestay Program, salah satu program kerja sama antara Yayasan DEK dengan Gibbs Street Primary School, Perth, Australia hingga 13 November mendatang.


Keberangkatan rombongan ini dilepas Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Ketua Yayasan DEK Gafar Salim di SD DEK, Jalan A Yani No 49 Padang, kemarin (3/11). Ikut menyaksikan pengurus Yayasan DEK, guru, orangtua murid dan seluruh murid SD kelas I hingga VI.
”Ini langkah maju. Sekolah ini mendorong muridnya berwawasan luas dalam bidang pendidikan dan kebudayaan,” kata Wawako Mahyeldi Ansharullah memberi apresiasi.
Peserta yang ikut program homestay ini murid kelas IV-VI serta siswa kelas I SMP DEK. Mereka adalah, Steven Sukma Limanus, Prettysha Vandinata, Tania Issabel, Maharani Katansa. Kemudian, Nadira Edrian, Anastasia Kang, Shafira, Cindy Fitria Putri, Febrian Sukma Limanus, Fath Almansyur Muhammad. Zalva Indira Dhiaulhaq, Sherin Sukma Limanus, Zahra Umniati, Resha Walanisa Moren dan Rayhan Naser.
Mahyeldi berharap sepulang dari Perth, para murid dan staf dapat menularkan ilmunya di Padang. ”Kapan perlu, kami undang perwakilan guru se-Kota Padang mendengarkan pemaparan guru DEK selama di Australia,” ungkap Mahyeldi.
Ketua Yayasan DEK Gafar Salim mengatakan, kunjungan rombongan murid dan staf ini bukan pertama kali dilakukan. ”Awalnya, kami melakukan kunjungan pada tahun 2007. Kunjungan tahun ini kunjungan ketiga. Kunjungan kedua batal dilakukan karena Padang dilanda gempa bumi tahun 2009,” ungkap Gafar.
Selama di Perth, kata Gafar, murid tinggal bersama orangtua angkat masing-masing. Mereka mengikuti proses belajar mengajar di Gibbs Street Primary School dan kegiatan sekolah lainnya. ”Juga melakukan kunjungan ke Konsulat Indonesia di Perth. Kemudian, murid DEK juga mendapatkan undangan tampil menari tarian tradisional Minangkabau di Grand Hyatt Hotel,” terang Gafar.
Kelanjutan kerja sama ini, Yayasan DEK akan menerima kunjungan siswa-siswi dari Gibbs Street Primary School pada tahun 2012 dengan jumlah peserta lebih kurang 50 orang. ”Diharapkan, para murid dapat memperluas wawasan mereka sekaligus memperkenalkan budaya Sumbar ke masyarakat Perth, Australia,” harap Gafar. (adv)