Salmiati Juara Olimpiade Akuntansi dan Pajak

PADANG — Salmiati, dari SMK 2 Pariaman berhasil meraih juara I Olimpiade Akuntansi dan Pajak yang digelar Yayasan Pendidikan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Padang.

JUARA SATU

Olimpiade antar SMK se-Sumatra tersebut, juga mengukuhkan Maya Giftira dari SMK DEK sebagai juara II. Dan juara III diraih Meriana Candra, dari SMK Bakti Kep.Bangka Belitung.
Sementara juara harapan I, II dan III diraih Monica Cua dari SMK DEK, Widia Sari dari SMK Bakti Kep.Babel, dan Lidya Nolin dari SMK 2 Jambi. Juara I, II dan III, berhak mendapatkan uang tunai Rp10 juta, Rp7,5 juta dan Rp5 juta. Sedangkan juara harapan I, II dan III, berhak mem peroleh uang tunai Rp2,5 juta, Rp2 juta dan Rp1,5 juta.
Menurut Ketua Pelaksana Olimpiade yang juga Bendahara Yayasan Pendidikan DEK, Prawira Salim, Olimpiade Pajak ini yang pertama kali diadakan di Indonesia. Dari semua provinsi di Sumatra, hanya Aceh dan Bengkulu yang tidak mengirim utusan.
“Aceh memberikan alasan berat di ongkos untuk mengikuti olimpiade. Sementara Bengkulu kami tidak mendapat respon sama sekali,” katanya kepada Singgalang, Sabtu (5/2).
Hadiah yang didapat peserta, bisa digunakan untuk bekal melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT). Selain itu juga bisa dipakai untuk referensi melamar pekerjaan, jika memang tidak melanjutkan ke PT.
Bahkan siswa-siswa DEK langsung dikontrak sehabis mereka praktik lapangan di sebuah perusahaan. Begitu menamatkan pendidikan, mereka dingkat jadi karyawan dengan gaji yang menjanjikan.
Sementara Kepala SMK DEK Business School, Saiful Bahri mengatakan, melanjutkan pendidikan ke SMK jauh lebih baik dibanding SLTA. Lulusan SMK memang diper siapkan bisa langsung kerja, baik di lembaga pemerintahan ataupun swasta.
Terkait olimpiade, ajang ini merupakan kali kedua digelar. Bedanya, olimpiade pertama, areanya hanya Sumbar, Riau dan Jambi. “Rencana kami juga akan menggelar olimpiade akuntansi dan pajak ketiga, dengan cakupan Sumatra dan Jawa. Kami berharap sponsor yang ada sekarang seperti Suluh Ardhi Engeneering, PT.Semen Padang, PT.Index & Akademia, Cap Gaffar Salim, Kantor Dirjen Pajak Sumbar dan Jambi dan Tax Easi, bisa jadi sponsor lagi,” tambahnya.(106)