SERBA-SERBI MOS 2015 (DAY 1)

Say No to Bully, ini adalah slogan yang paling tepat untuk mengambarkan keinginan pemerintah terhadap kegiatan MOS di setiap sekolah. MOS yang dulu identik dengan “plonco” dimana para senior terkesan “balas dendam” kepada junior karena dulu diperlakukan dengan buruk, sekarang sudah tidak diperbolehkan. Ingat, itu DULU sekali, karena Bapak Menteri Pendidikan kita sendiri Anies Baswedan, dalam pidatonya yang dibacakan dalam upacara bendera di setiap sekolah pagi tadi menyatakan bahwa: ada 3 slogan untuk MOS di Indonesia tahun ini, dan beliau menyingkatnya dengan 3C (Creative, Care and Can).

DEK sendiri sudah melakukanya. Pada MOS tahun ini, siswa baru datang ke sekolah layaknya siswa lain, tanpa atribut aneh dan tanpa syarat-syarat yang berlebihan. Rangkaian acara MOS pun lebih difokuskan kepada pengenalan lingkungan sekolah secara menyeluruh dan tentu saja ada penyuluhan ala remaja yang membantu membimbing mereka agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang rentan menyerang pelajar usia sekolah menengah.

Adapaun rundown acara MOS SMP, SMA dan SMK hari ini antara lain:

Upacara bendera yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa-siswi SMP, SMA dan SMK dan sekaligus pembukaan MOS oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan yaitu Bapak Prima Yunaldi selaku Pembina upacara

Pengibaran Bendera Merah Putih oleh 9 orang siswa
Pengibaran Bendera Merah Putih oleh 9 orang siswa

Acara berikutnya siswa dikembalikan ketingkatan masing-masing dan mengikuti acara sesuai tingkatan. Dalam acara ini siswa masuk ke dalam kelas dan mendengarkan penjelasan mengenai kurikulum, struktur organisasi, ekstrakurikuler dan tata tertib sekolah di tingkat sekolah masing-masing. Dalam sosialisasi ini orangtua siswa juga ikut lho, karena maksimalnya pendidikan seorang anak tergantung kepada seberapa besar kontribusi orangtua dan guru dalam membimbing mereka, and DEK knew it.

Sosialisasi kurikulum, kegiatan siswa dan organinasi bersama orangtua siswa
Sosialisasi kurikulum, kegiatan siswa dan organinasi bersama orangtua siswa
Pemateri memberikan penjelasan mengenai kurikulum DEK
Pemateri memberikan penjelasan mengenai kurikulum DEK
Kegiatan sosialisasi OSIS
Kegiatan sosialisasi OSIS

 

Saat break siang siswa SMK beserta guru mengadakan kegiatan masak bersama untuk menjalin keakraban.

Masak bersama siswa SMK DEK bersama guru
Masak bersama siswa SMK DEK bersama guru

Saat sore, untuk melatih kedisiplinan, siswa mengikuti kegiatan PBB bersama bapak tentara, waaaah waaaahh pasti jadi jago baris-berbaris semua yaaa.

Pelatihan PBB
Pelatihan PBB

Begitulah kegiatan pertama teman-teman kita yang mengikuti MOS di SMP, SMA dan SMK DEK. Tidak ada kan senior yang marah-marah atau adek-adek yang dipaksa melakukan ini itu, semua kegiatandi DEK MOS  berbasis kepada pengenalan dan menjalin keakraban antara siswa baru dengan segenap warga sekolah, jadi saat belajar nanti siswa baru akan merasa nyaman dan tidak canggung.

#mos #orientasi #siswa #pelajar #student #pendidikan #edukasi #creative #care #can #nobullying #yayasandek #smp #sma #smk