SERBA-SERBI MOS (DAY 4)

Tidak terasa ya, 4 hari sudah teman-teman kita di SMP, SMA dan SMK DEK mengikuti kegiatan MOS. Ini  berarti mereka juga sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan DEK. Wait, tidak cuma itu saja, penyuluhan dan sosialisasi yang telah diikuti tentunya juga telah mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Nah, memasuki hari keempat, kegiatan teman kita memang tidak seramai hari pertama dan kedua. Ini karena pada hari keempat teman-teman kita mengikuti kegiatan praktek Adiwiyata.

sosialisasi Adiwiyata
sosialisasi Adiwiyata

Apa sih adiwiyata??

Kata Adiwiyata diambil dari 2 (dua) kata, yaitu Adi dan Wiyata. Adi bermakna besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata sendiri bermakna tempat di mana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma, etika dalam kehidupan sosial. Jadi, secara keseluruhan ADIWIYATA bermakna tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Singkatnya, Adiwiyata adalah sebuah program terhadap sekolah yang mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli lingkungan.

praktek  cinta lingkungan (Adiwiyata)
praktek cinta lingkungan (Adiwiyata)
praktek  cinta lingkungan (Adiwiyata)
praktek cinta lingkungan (Adiwiyata)
praktek  cinta lingkungan (Adiwiyata)
praktek cinta lingkungan (Adiwiyata)

Terkait dengan ini, sosialisasi saja tentu tidak cukup, oleh karena itu salah satu agenda dari kegiatan MOS DEK kemarin adalah pelaksaan penghijauan lingkungan.

Selain sosialisasi dan praktek Adiwiyata, teman-teman kita juga mendapatkan pembekalan materi mengenai pendidikan seks usia dini. Memang, seks sudah tidak tabu lagi diperbincangkan, selama itu mampu meningkatkan kewaspadaan akan hal-hal buruk dan akibat buruk dari kelalaian dan kecerobohan kita terhadap hal yang satu itu. Tidak mau masa depannya sia-sia kan?

Penyampaian Materi Pendidikan Seks Usia Dini
Penyampaian Materi Pendidikan Seks Usia Dini

Dalam pengenalan seks usia dini, teman-teman kita dikenalkan tentang bahaya pengaruh penyalahgunaan media sosial. “Blind date” atau kopi darat dengan orang asing, pergaulan bebas, aborsi dan masih banyak lagi. Poinnya adalah, seorang pelajar hendaknya menghindari kontak dengan orang asing yang tidak dikenal, apalagi kalau diajak bertemu atau videocall seperti dengan menggunakan fasilitas skype dan semacamnya. Karena ini bersesiko tinggi. Kita tidak pernah tau apa niat mereka, baik atau buruk. You better beware.

Tinggal satu hari lagi MOS teman-teman kita, walaupun sedikit lelah namun mereka tetap semangat menghadapi hari terakhir MOS yang diadakan hari ini. Tunggu update-an selanjutnya ya.

#mos #orientasi #siswa #smp #sma #smk #adiwiyata #lingkungan